People Innovation Excellence

Meneliti Seputar Situs Web Destinasi Ekowisata Terhadap Perubahan Sikap, Rudy Aryanto Catatkan Diri Sebagai Doktor ke-28 DRM BINUS UNIVERSITY

Para pemasar selalu berupaya penuh untuk mempengaruhi perilaku konsumen, tetapi sangatlah sulit mempengaruhi konsumen secara langsung. Namun, konsumen lebih memperhatikan iklan-iklan ataupun mengamati paket-paket yang ditawarkan. Sehingga, pemasar dapatlah mempengaruhi konsumen secara tidak langsung, yaitu dengan cara memberikan informasi, musik, atau stimuli lainnya, untuk dapat mengubah satu atau lebih komponen sikap.

Mengapa sikap? Karena sikap merupakan konsep inti dalam psikologi dan menjadi salah satu konsep terpenting bagi pemasar untuk mempelajari konsumen. Karena sikap menuntun kita untuk berperilaku dalam cara konsisten terhadap obyek yang sama. Sikap menghemat energi dan pikiran, sikap sangat sulit dirubah. Bahkan, disarankan bagi perusahaan agar menyesuaikan produknya dengan sikap yang ada saja dan tidak berusaha untuk untuk merubahnya.

Dengan dilatarbelakangi oleh hal tersebut, maka Rudy melakukan penelitian dengan disertasi berjudul “Pengaruh Persuasi Situs Web Destinasi Ekowisata Terhadap Perubahan Sikap Wisatawan Remaja”. Suatu studi eksperimental pada mahasiswa tiga perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti adanya perdebatan tentang pengaruh persuasi situs web destinasi ekowisata terhadap perubahan sikap wisatawan remaja, mahasiswa dari tiga perguruan tinggi swasta di DKI Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini.

“Di dalam konteks industri pariwisata, destinasi ekowisata adalah yang paling kuat dan sangat diperlukan untuk keberlanjutan daerah. Saya ingin supaya para wisatawan yang datang ada rasa care untuk bisa terlibat sangat dalam untuk melestarikan destinasi ekowisata tadi. Sesuai dengan judul yang saya angkat, saya berharap adanya perubahan sikap tersebut, karena sikap merupakan yang paling penting untuk berperilaku,” jelas Rudy.

Semoga dengan menyandang gelar akademik baru sebagai Doktor, pada hari Kamis (15/09) kemarin, Rudy Aryanto dapat memberikan kontribusi yang baik untuk memajukan bangsa dengan karyanya dan mampu mengembangkan keilmuan dengan baik. (MEL)

 


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close