People Innovation Excellence

Penelitian Efektifitas Blended Learning pada Pendidikan Tinggi, Hantarkan Johan M. Kerta Raih Gelar Doctor Research in Management BINUS UNIVERSITY

Pendidikan dan Internet, menurut John Chamber, CEO Cisco System Inc., adalah dua equalizer yang sangat berpengaruh dalam dekade terakhir ini. Dengan Internet, perilaku orang dalam bekerja, belajar, bermain atau bersosialisasi sudah berubah. Orang lebih suka berinteraksi melalui media online seperti chatting, social media, dan blog atau mikroblog seperti twitter dan lainnya. Demikian juga dalam belajar, istilah yang sering kita dengar dalam pembelajaran dengan internet adalah e-learning, online learning, atau Internet learning.

Penggunaan teknologi seperti Internet terlihat dapat membantu dalam penyampaian pembelajaran beserta konten nya, dan hal tersebut sepertinya dapat mengatasi keterbatasan waktu dan ruangan atau tempat pada pembelajaran konvensional tatap muka. Namun tidak semua penerapan teknologi seperti ini semerta-merta dapat menyelesaikan masalah tersebut, melainkan bagaimana proses, pengelolaan dan strategi penyajian pembelajaran agar memiliki dampak yang signifikan terhadap mutu pembelajaran itu sendiri.

Suatu strategi pengembangan model pembelajaran yang menggabungkan pembelajaran online dan konvensional atau tatap muka yang biasa disebut sebagai blended learning, diharapkan dapat membantu perguruan tinggi yang belum menerapkan teknologi e-learning secara luas sehingga kesempatan mendapatkan pendidikan yang bermutu dapat dirasakan juga oleh para siswa atau mahasiswa di perguruan tinggi.

Dengan dilatarbelakangi oleh hal tersebut, maka Johan melakukan penelitian dengan disertasi berjudul “Efektifitas Blended Learning Pada Pendidikan Tinggi Menggunakan Pendekatan Technology Acceptance Model Studi Kasus Perguruan Tinggi Swasta Di Jakarta”. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat penerimaan perguruan tinggi dalam menerapkan model pembelajaran secara online dan offline yang disebut sebagai Blended Learning tersebut.

Hasil penelitian Johan ini menunjukkan bahwa efektifitas model blended learning bagi perguruan tinggi perlu memperhatikan peran organizational atau managerial dan teknologi untuk memanfaatkan blended learning yang sesuai, sedangkan faktor individual dan educational masih belum terlihat perannya dalam pemanfaatan blended learning.

“Dengan penelitian ini kita bisa memberikan wawasan kepada perguruan tinggi bahwa, leadership dalam perguruan tinggi harus mampu mengarahkan perguruan tinggi dalam menerapkan blended learning,” jelas Johan. (MEL)


Published at :
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close