People Innovation Excellence

Strategi Pengembangan Broadband akan Menunjukkan Sukses-tidaknya Transformasi Jaringan Telkomsel ke Depan

Asnan Furinto, pemerhati bisnis yang  juga Ketua Program Doctor of Research in Management Binus University, melihat me­mang sudah seharusnya Telkomsel sebagai pemimpin pasar melakukan strategi turn­ around secara signifikan. “Mulai dari faktor menguatnya media sosial, teledensitas yang sudah jenuh, hingga aneka turbulensi lain, memaksa Telkomsel melakukan perubahan sistematis, konsisten, dan bisa menghasil­kan sebuah pencapaian dalam waktu relatif singkat,” katanya.  Asnan juga memandang, masuknya Telkomsel ke industri pita lebar jangan dipandang sebagai solusi unik. Mengapa?
Karena, hal itu lebih merupakan suatu keharusan daripada pilihan. “Mungkin pe­main lain juga sepertiTelkomsel, melakukan transformasi bisnis untuk dapat sustain dan tumbuh. Karena itu, transformasinya jangan generik,” demikian pesan Asnan.  Sebenarnya, dia melanjutkan,Telkomsel memiliki posisi paling baik untuk menggaet pihak ketiga (dealer, gerai ritel, komunitas sepeda, komunitas gadget, merchant,bank) dan bersama-sama memberikan inovasi layanan kepada pelanggannya dalam ben­tuk cross selling. Telkomsel juga dapat melakukan transforrnasi upsetting dengan cara menggali lebih spesifik kebutuhan setiap segmen pelanggan dan memberikan layanan yang customized. Layanan seperti telepon gratis, SMSgratis, mobile advertis­ing, mobile wallet, mobile music jika dapat dikustomisasi (jadi bukan penawaran asal gratis atau asal murah kepada seluruh pe­langgan) sesuai dengan kebutuhan setiap segmen, akan menjadikan transformasi Telkomsel berdampak signifikan.

Sebab itu, Asnan menyarankan agar Telkomsel dapat bertransformasi secara paripurna dalam arti bukan transformasi di permukaan. Dia menyarankan agar melihat sukses PT Telkom yang notabene adalah induk dari TelkomseI. Telkom berubah dari perusahaan InfoCom yang “hanya” mencakup layanantelekomunikasi, menjadi perusahaan TIME (telekomunikasi, infor­masi, multimedia, entertainment). Peruba­hannya mesti disertai dengan perubahan keseluruhan proses, sistem, organisasi, SDM dan model bisnisnya (proposisi nilai, formulasi laba). Dengan cara itu, Telkomsel diyakininya akan terus bisa berjaya sebagai pemimpin pasar.


Published at : Updated
Leave Your Footprint

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close